TOMCAT

Standar

Huaaaaaa :”

kalian pernah denger ga sih.. berita baru2 ini apaan? tau ga? pastinya tau dong ya..  *yaiyalah udah ketahuan dari judulnya apaan -_-* dimana2 pas kita nonton tv kalian selalu denger berita apa? ato nama apa? pasti dari siang ampe malam beritanya TOMCAT mulu -_- hha sakit hati. Tapi unik juga ya serangga kecil yang satu ini ukuran tubuhnya seperti semut tapi seberbahaya ini umm okelah aku menyempatkan diri untuk nyari tau tentang serangga yg satu ini.. *eaakkk* oalah haha😀 pas aku nyari di google itu dan aku ngeliat gambar2nya.. ternyata.. gambarnya baru2 semua😀 pada heboh tomcat semua sih abisnya :p okedeh aku mau nyari dulu ya… tara.. ini dia.. kalo kalian belum tau tomcat itu apaan nih aku kasih tau sekalian sma gambarnya *baik kan akunya :p* hehe becanda doang :p.. okeh cekidot guys😀

Apa itu tomcat?

Tomcat adalah serangga yang cukup beracun. Serangga ini hidup di daerah yang lembab. Serangga ini bisanya hidup di pepohonan, tambak dan semak-semak. Racun yang terdapat pada serangga ini bisa menimbulkan efek cukup menyakitkan di kulit dan berbagai bagian tubuh manusia meskipun tidak sampai mematikan.
Serangga Paederus saat ini terdapat lebih dari 600 spesies dan distribusi di semua benua kecuali Antartika. Spesies di negara Amerika Selatan dikenal dengan nama berbeda seperti bicho de FuegoPitoPoto atau podo. Berbagai wabah dermatitis dikaitkan dengan kumbang Paederus telah dilaporkan di Turki Selatan, Amazone, Afrika Tengah, Okinawa, dan India. Suatu keluarga kumbang yang besar, terdapat variasi besar di antara spesies.

Serangan yang dikatakan sebagai wabah Tomcat itu hanya merupakan tindakan mempertahankan diri dari ancaman musuh. Tomcat sebenarnya tidak bermusuhan dengan manusia. Jadi, mungkin ada kegiatan manusia yang mengganggu aktivitas Tomcat. Serangga Tomcat sesungguhnya adalah sahabat para petani karena termasuk jenis Paederus yang berguna untuk mengusir hama seperti wereng. Wereng merupakan mangsa bagi serangga Tomcat.

Di kota besar, serangga Tomcat biasa hidup di daerah yang masih ada pepohonan atau tanamannya seperti taman-taman kota. Serangan serangga jenis Tomcat diduga berkaitan dengan peningkatan aktifitas perburuan tokek yang diangap sebagai salah satu predator bagi Tomcat sehingga menjadikan populasi serangga itu berkembang pesat. Di samping itu keseimbangan alam terganggu karena faktor migrasi wilayah dan cuaca ekstrim yang juga menjadi penyebab munculnya sebuah populasi hewan tertentu.

Tomcat tidak mengigit ataupun menyengat. Tomcat akan mengeluarkan cairan otomatis bila bersentuhan atau berbenturan dengan kulit manusia. Gawatnya, Tomcat juga akan mengeluarkan cairan pada benda-benda seperti baju, handuk, atau benda-benda lainnya. Meski tak mengigit, serangga ini memiliki cairan racun di dalam tubuh (kecuali sayap) yakni toksin hemolim. Cairan hemolim atau toksin ini disebut sebagai ‘paederin’:(C24 H43 O9 N). Pembuatan paederin sebagian besar terbatas dihasilkan oleh serangga betina.

Paederin inilah yang menyebabkan bengkak hebat, dan menyebabkan reaksi pada kulit sekitar 24 jam setelah kontak. Penderita yang terkena racun Paederin serangga Tomcat biasanya akan mengalami gatal-gatal yang dalam istilah medisnya disebut Dermatitis Paederus.

Bagaimana bentuknya? nih..

Sekarang kalian udah taukan bentuk tomcat kayak mana🙂

Apa efeknya kalo kalian terkena serangga ini?

serangga tomcat2 Serangga Tomcat   Cara Mengobatinya

noh efeknya -_- menggelikan ya zz ><

Hindari kontak langsung dengan hewan ini. Kontak langsung dengan hewan ini sama saja dengan menempelkan kulit pada racun. Biasanya kulit akan terasa panas disusul dengan munculnya bintik-bintik gatal, berair dan juga bekas hitam di kulit. Bila Anda ingin menyingkirkannya, gunakan kertas atau meniupnya, jangan langsung memegangnya dengan tangan. Jika kulit terkena racun Tomcat segeralah dicuci menggunakan sabun, jangan dioles odol, minyak kayu putih, balsem, minyak tawon, karena hasilnya akan memperparah reaksi inflamasi pada kulit.

hal yg harus temen2 lakukan saat ketemu tomcat adalah:

  1. Apabila serangga tomcat hinggap dikulit,jangan ditepuk dan dibunuh cukup ditiup sehingga tomcat tidak mengeluarkan cairannya dikulit kita,setelah itu basuhlah area kulit yang telah dihinggapi dengan air sabun.
  2. Apabila menemukan serangga tomcat dibaju maka segera ganti dan mandi.Ada baiknya lemari baju dibersihkan dan diberi kapur barus.
  3. Dalam hal serangga tomcat telah berkumpul dan membentuk koloni dirumah kita,maka ada baiknya memanggil bantuan atau kita dapat menyemprotkan peptisida atau cairan sabun + deterjen dengan sedikit dicampur minyak tanah namun ingat hindari sebisa mungkin kontak langsung dengan serangga ini karena dalam keadaan terancam serangga tomcat akan lebih banyak mengeluarkan cairannya.
  4. Memutuskan jalur tomcat dengan menggunakan kapur barus atau kapur bagus.
  5. Apabila sudah terlanjur terkena racun serangga tomcat,maka cuci area kulit tsb memakai sabun,hentikan menggaruk agar tidak meradang dan menjalar kebagian lain,olesi area kulit dengan Salep betametasone + antibiotik neomycin sulfat-3 x sehari atau Salep Acyclovir 5% .
  6. Matikan lampu kamar apabila malam hari menjelang tidur.
  7. Jaga kebersihan agar terhindar dari serangan serangga tomcat.
oke sekian dulu ya artikel dari aku, aku ambil artikel ini dari google🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s